Sosialisasi Sistem dan Mekanisme Kerja Pada Perangkat Daerah Kabupaten Serang

- Selasa, 28 Maret 2023 | 16:41 WIB
Pemkab Serang Segera Laksanakan Permen PAN-RB 7 Tahun 2022
Pemkab Serang Segera Laksanakan Permen PAN-RB 7 Tahun 2022

Serang, bidiktangsel.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada tahun ini akan segera melaksanakan Peraturan Menteri Pendayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 7 Tahun 2022 tentang sistem kerja instansi pemerintah dalam rangka penyederhanaan birokrasi.

Hal itu terungkap pada sosialisasi sistem dan mekanisme kerja pada Perangkat Daerah Kabupaten Serang.

Sosialisasi yang digelar Bagian Organisasi dibuka oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, turut hadir Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Ida Nuraida, Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Nanang Supriatna, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kabag Organisasi Raden Lukman di Setda Kabupaten Serang.

Baca Juga: Di Bulan Ramadhan, Gelar PTQ Ke 53 RRI Banten Di Kota Serang

Sedangkan selaku narasumber Analis Kepegawaian Ahli Muda, Dit. Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ranto Bernard, dan Kasubdit Wilayah II, Dit. Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Ditjen Otda Kemendagri Rozi Beni.

Analis Kepegawaian Ahli Muda, Dit. Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ranto Bernard mengatakan bahwa sosialisasi saat ini tentang pelaksanaan sistem kerja di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Serang, dimana memang dari amanah Permen PAN RB Nomor 7 tahun 2022 tentang mekanisme kerja.

"Jadi diharapkan Pemda mulai melaksanakan di awal tahun 2023 ini," ujar Ranto Bernard usai sosialisasi di Aula KH. Syam’un pada Selasa, 28 Maret 2023.

Baca Juga: Festival Seni Budaya Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023, di SMAN 02 Kota Serang

Oleh karenanya, Bagian Organisasi dan Asda III Setda Kabupaten Serang mengadakan pertemuan dengan para kepala OPD supaya mempunyai pemahaman dan persepsi yang sama tentang sistem kerja.

Karenanya setelah sosialisasi yang dilaksanakan saat ini tindak lanjutnya akan di tuangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Serang tentang sistem kerja.

"Nah diharapkan sebelum diterbitkannya atau diterapkannya Perbup tersebut para kepala OPD, pejabat pemilik kinerja ini sudah lebih dulu memahami kira-kira apa yang akan dilakukan, nanti rencananya apa, strateginya apa yang akan dibuat untuk melaksanakan dari fungsi tersebut," ungkap Ranto Bernard.

Adapun yang lebih ditekankan dalam sosialisasi tersebut, sebut Ranto Bernard yakni pencapaian kinerja dari masing-masing OPD sesuai dengan visi misi dari Bupati Serang.

Baca Juga: Aklamasi, Tb Ibnu Kembali Pimpin KADIN Kota Serang Periode 2023-2028

"Jadi ketika Ibu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah punya visi misi, nah sistem kerjanya yang harus kita perbaiki agar lebih optimal dan cepat tercapai apa yang menjadi target kepala daerah tersebut," jelasnya.

Sementara Asda III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Serang Ida Nuraida mengaku bahwa pihaknya dan para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Serang mendapatkan pencerahan dan wawasan baru tentang bagaimana perubahan dari hasil penyetaraan jabatan fungsional (jafung).

Halaman:

Editor: Radi Iswan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X