• Minggu, 5 Februari 2023

Meningkatkan Kualitas Tanaman Pangan Melalui Pertanian Ramah Lingkungan

- Senin, 23 Mei 2022 | 17:26 WIB

Artikel - Pertanian menggambarkan kata yang penggunaannya sudah sering dijumpai dalam komunikasi sehari-hari. Kata pertanian sendiri memiliki definisi yang menyatakan suatu kegiatan manusia dalam rangka mengolah sumber daya alam, khususnya sumber daya hayati dengan menggunakan bantuan modal, tenaga kerja, teknologi, dan manajemen tertentu. Pertanian dilakukan untuk memproduksi tanaman pangan, serat, dan produk lain yang diinginkan dengan cara melakukan kegiatan budidaya tanaman dan pemeliharan hewan di dalam agroekosistem. 

Peran pertanian dalam menghasilkan tanaman pangan saat ini menjadi perhatian khususnya sejak pandemi covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap ketahanan pangan nasional. Berdasarkan sumber yang diperoleh dari KOMINFO sampai dengan bulan Februari tahun 2022, tercatat telah terjadi deflasi bahan makanan sebesar 1,5% (mtm) atau 0,22% (ytd). 

Adanya deflasi terhadap bahan makanan tersebut mendorong penurunan indeks ketahanan pangan di Indonesia. Hal ini didukung oleh data dari Global Food Security Index (GFSI) yang menyatakan penurunan indeks dari tahun 2020 ke tahun 2021 sebesar 2,2 sehingga diperoleh indeks sebesar 59,2 pada tahun 2021.

Penilaian indeks ketahanan pangan didasarkan pada beberapa indikator utama yaitu keterjangkauan, ketersediaan, kualitas nutrisi dan keamanan. Berdasarkan penilaian dari GFSI, standar nutrisi tanaman pangan di Indonesia dinilai masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah efek penggunaan bahan kimia yang berkepanjangan dan berlebihan sehingga menimbulkan ancaman terhadap kesehatan manusia dan pencemaran lingkungan (air dan tanah). 

Adanya permasalahan tersebut menghadapkan Indonesia pada dua pilihan yaitu melanjutkan teknologi intensif berbasis input kimia atau kembali ke praktik pertanian tradisional yang ramah lingkungan seperti pertanian organik untuk produksi tanaman pangan berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Redaksi

Terkini

KPP Pratama Pondok Aren Gelar Kegiatan Tax Gathering

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:14 WIB

Diduga Kebocoran Tabung Gas, Sebuah Warteg Terbakar

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:46 WIB
X