PMKM Unpam, Penerapan Antara Kebutuhan dan Keinginan dalam Mengelola Keuangan Sejak Dini

- Kamis, 19 Januari 2023 | 14:07 WIB

Artikel - Mahasiswa menurut Knopfemacher [dalam Suwono, 1978] adalah merupakan insan-insan calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi, dididik dan di harapkan menjadi calon – calon intelektual sedangkan Mahasiswa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah orang yang belajar di perguruan tinggi.

Jadi, apa hubungannya antara mahasiswa dengan Pengabdian kepada masyarakat?
Dalam dunia pendidikan Mahasiswa sering di sebut sebagai agent of a exchange, dimana mahasiswa ada sebagai pemicu untuk membawa perubahan menuju peradaban yang maju dan lebih baik dalama lingkungan masyarakat.

Bagaimana membentuk peradaban yang maju? Yaitu melalui pengabdian masyarakat, kecil maupun besar sebuah pengabdian tidaklah membedakan karena pengabdian yang kecil sangat berpengaruh bagi masyarakat yang besar jika secara kontinu dilakukan.

Pengabdian adalah salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk melaksanakannya, namun jikalau kita melakukan pengabdian masyarakat hanya sebatas karena tuntutan Tri Dharma maka itu artinya sempit.

Karena hakikatnya adalah kita sebagai manusia melakukan pengabdian masyarakat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Intinya mahasiswa sangat erat hubungannya dengan pengabdian masyarakat karena mahasiswa sebagai pemuda dan masa depan bangsa ada pada pemudanya. (Unjkita).

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X