Wakil Wali Kota Tangerang Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan 4 M Untuk Cegah DBD

- Rabu, 26 Juli 2023 | 16:37 WIB
Kegiatan PSN Bersama Jumantik (Juru Pemantau Jentik) 2023
Kegiatan PSN Bersama Jumantik (Juru Pemantau Jentik) 2023

Tangerang, bidiktangsel.com - Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, mengajak masyarakat untuk menerapkan gerakan 4 M, yaitu Menguras, Mengubur, Menutup, dan Memantau tempat yang potensial menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya nyamuk.

Gerakan 4M ini merupakan upaya untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sekaligus antisipasi dan pencegahan terhadap risiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Hal tersebut disampaikan Sachrudin saat membuka kegiatan PSN Bersama Jumantik (Juru Pemantau Jentik) 2023 yang bekerja sama dengan Indomaret dan Baygon yang diselenggarakan di Lapangan Kampung Baru, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Rabu (26/07).

Baca Juga: Wakil Wali Kota Tangerang Lepas 130 Kafilah MTQ Ke XX Tingkat Provinsi Banten

"Seperti kita ketahui bersama, cuaca saat ini sedang tidak menentu, di mana hal ini berpotensi tinggi pada penyebaran penyakit. Salah satunya adalah penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk. Lewat kegiatan PSN bersama Jumantik ini, saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang mengajak seluruh masyarakat agar dapat terus membudayakan PHBS dan tentunya gerakan 4 M," ujar Sachrudin dihadapan para kader Jumantik dan juga masyarakat yang hadir dalam kegiatan PSN tersebut.

PSN, sambung Sachrudin, dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari risiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tersebut, tentunya tidak akan berjalan dengan optimal tanpa adanya dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak.

"Tidak hanya pemerintah saja tetapi juga masyarakat serta seluruh stakeholder termasuk pihak swasta dan korporasi. Terima kasih atas upaya rekan-rekan sekalian yang telah menginisiasi pelaksanaan program ini dalam rangka untuk terus membangun kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kita," imbuhnya.

Baca Juga: Delegasi UCLG ASPAC Kagumi Program Sanitasi Sekolah di Tangerang

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang dibuka dengan kegiatan senam bersama tersebut, Sachrudin, berharap kegiatan tersebut dapat semakin memacu serta memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) agar terhindar dari berbagai penyakit.

"Melalui edukasi tentang pencegahan serta penyerahan bantuan pada hari ini, kita berharap dapat turut menekan penyebaran nyamuk dan mencegah penularan penyakit yang diakibatkannya. Dan tentunya yang tak kalah penting adalah PHBS, ini harus terus digaungkan dan dibudayakan agar dapat mewujudkan Kota Tangerang yang senantiasa sehat dan berdaya saing," pungkas wakil.

Berikut adalah gerakan 4 M yang dapat dilakukan untuk mencegah DBD:

  • Menguras wadah-wadah air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti bak mandi, ember, vas bunga, dan kaleng bekas.
  • Mengubur sampah yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti kaleng, botol, dan ban bekas.
  • Menutup rapat-rapat tempat penampungan air, seperti sumur, bak mandi, dan ember.
  • Memantau secara berkala lingkungan sekitar rumah untuk memastikan tidak ada genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Dengan menerapkan gerakan 4 M, kita dapat membantu mencegah penyebaran DBD dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk diri sendiri dan keluarga. (***)

Editor: Radi Iswan

Sumber: Pemkot Tangerang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Tangerang Gencarkan Warung Rakyat Digital

Jumat, 29 September 2023 | 19:20 WIB

Pemkot Tangerang Siap, Siapkan Pemuda Berprestasi

Jumat, 29 September 2023 | 18:53 WIB

Pj Bupati Tangerang Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok

Jumat, 29 September 2023 | 18:32 WIB

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa Meninggal Dunia

Jumat, 29 September 2023 | 18:05 WIB

Pemkot Tangerang Normalisasi Drainase Antisipasi Banjir

Jumat, 29 September 2023 | 11:14 WIB

Kebakaran di Belakang Pasar Curug, Tidak Ada Korban Jiwa

Jumat, 29 September 2023 | 11:00 WIB

Bupati Lebak Ziarah Kubro ke Makam Patih Derus

Jumat, 29 September 2023 | 10:32 WIB
X