Program Pelatihan Kewirausahaan Melalui Inovasi Kue Klepon Mantan Untuk Menciptakan Masyarakat Mandiri

- Rabu, 23 November 2022 | 09:37 WIB

Artikel - Dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat dengan tema "Program Pelatihan Kewirausahaan Melalui Inovasi Kue Klepon Mantan Untuk Menciptakan Masyarakat Mandiri di Kelurahan Cipadu".

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 November 2022 di Kelurahan Cipadu RT.006/001, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Ibu Asih, selaku ketua PKK Kelurahan Cipadu, Ibu – Ibu Anggota PKK, Bapak RW 001 serta Bapak RT 006. Dari pihak Universitas Pamulang dihadiri oleh Ibu Napisah, S.E., M.Ak. selaku Dosen Pembimbing, Syilfa Anrisa Hidayah selaku Ketua PMKM, dan Anggota PMKM dari mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang yaitu Anis Nazilah, Puji Gusti Agnita dan Putri.
 
Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Cipadu bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman Ibu-Ibu PKK serta Bapak-bapak yang turut hadir dalam peningkatan keterampilan serta kemampuan berinovasi dalam membuat makanan tradisional kue klepon yang berawal dengan satu rasa yaitu gula merah menjadi berbagai macam varian rasa seperti Matcha, Strawberry, Chocolate dan sebagainya.

-

Selain itu kegiatan ini diharapkan agar Bapak/Ibu di Kelurahan Cipadu mampu melestarikan makanan Tradisional dan mendorong masyarakat agar bisa berwirausaha sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan memiliki penghasilan tambahan.
 
Tahapan kegiatan ini adalah pemaparan materi dalam berwirausaha dan pelatihan mengenai Inovasi Kue Klepon Mantan yang dilakukan oleh Bapak/Ibu PKK di Kelurahan Cipadu dengan dibimbing oleh mahasiwa dari Universitas Pamulang.

Selanjutnya, sesi Sharing dan Konsultasi oleh Bapak/Ibu PKK tentang berwirausaha makanan tradisional salah satunya Kue Klepon, kemudian pemateri memberikan penjelasan dan saran terhadap masalah yang dihadapi.


 
Ibu Asih, Selaku Ketua Ibu PKK Desa Cipadu, mengatakan bahwa “kegiatan ini sangat positif, menambah wawasan dan menambahkan jenis baru inovasi kue untuk dibuat kembali, karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan mengenai berwiruasaha.
 
Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cenderamata bagi Bapak dan Ibu-Ibu PKK yang berpartisipasi selama kegiatan berlangsung, diberikan oleh Dosen Pembimbing kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang kepada Bapak/Ibu PKK di Kelurahan Cipadu, kemudian acara ditutup dengan pembacaan do'a dan sesi foto bersama.

-

Penulis :
Syilfa Anrisa Hidayah
Anis Nazilah
Puji Gusti Agnita
Putri

Dosen Pembimbing :
Ibu Napisah, S.E., M.Ak

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Surabaya Menuju Kota Layak Anak Dunia

Minggu, 26 Maret 2023 | 13:15 WIB
X