• Minggu, 5 Februari 2023

Budidaya Tanaman Obat Sebagai Bisnis Rumahan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 13:17 WIB

Artikel - Budidaya tanaman obat bisa dilakukan dari rumah saat memiliki waktu senggang lho. Bukan hanya untuk mengisi waktu luang, budidaya tanaman obat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk menambah penghasilan dengan modal yang minim. Bisnis semakin berkembang dari berbagai macam bidang, salah satunya bidang pertanian. Bisnis pertanian umumnya tidak selalu membutuhkan modal yang besar dan lahan yang luas. Anda dapat memulai bisnis pertanian salah satunya budidaya tanaman obat di rumah.

Tanaman obat merupakan tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat, bahan, atau ramuan untuk kesehatan. Tanaman obat ini mengandung senyawa aktif yang beragam dimana baik untuk kesehatan. Biasanya, di Indonesia tanaman obat dikenal dengan TOGA atau tanaman obat keluarga. Setiap bagian dari tanaman obat dapat dimanfaatkan, seperti daun, batang, biji, buah, kulit, akar, dan umbinya.

Menurut Info Komoditi Tanaman Obat yang diterbitkan oleh Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) dari Kementerian Perdagangan, tanaman obat di Indonesia memiliki 15 jenis yang utama, yaitu jahe, lengkuas, kencur, kunyit, lempuyang, temulawak, temuireng, temukunci, dlingo atau dringo, kapulaga, mengkudu, mahkota dewa, kejibeling, sambiloto, dan lidah buaya.

Banyak sekali pilihan tanaman obat yang mudah untuk dibudidayakan sebagai bisnis rumahan dan tentunya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah jahe. Jahe sebagai tanaman obat yang mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Bukan hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan saja, jahe juga dapat dijadikan sebagai obat herbal dan jamu tradisional yang bermanfaat untuk obat rematik, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi mual, batuk dan peradangan, serta dapat menurunkan kolestrol.

Kunyit juga merupakan tanaman obat yang mudah dibudidayakan dan memiliki berbagai manfaat. Biasanya kunyit dijadikan sebagai jamu dan obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, gangguan pencernaan, sakit gigi, menyembuhkan nyeri sendi, dan mencegah penyakit jantung. Tanaman kunyit mengandung senyawa aktif, yaitu kurkumin. Selanjutnya yaitu kencur. Kencur juga telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang baik untuk kesehatan. Di Indonesia, kencur secara turun temurun digunakan sebagai bahan jamu tradisional seperti beras kencur. Kencur memiliki manfaat yaitu mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri dan peradangan serta dapat menangkal radikal bebas.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

KPP Pratama Pondok Aren Gelar Kegiatan Tax Gathering

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:14 WIB

Diduga Kebocoran Tabung Gas, Sebuah Warteg Terbakar

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:46 WIB
X