• Minggu, 5 Februari 2023

Edukasi Dan Penerapan Pola Hidup Sehat Pada Anak Dalam Pencegahan Penyakit Di Masa Pandemi Covid-19

- Rabu, 3 November 2021 | 17:47 WIB

#Opini - Dalam program PMkM Tahun ini SD Islam Terpadu Permata Gemilang adalah salah satu tempat  yang menjadi pelaksanaan kegiatan PMkM tepatnya di Kecamatan Serpong kota Tangerang  Selatan. PMkM ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 27 Oktober 2021 di SD Islam  Terpadu Permata Gemilang. Adapun judul dari Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat  (PMkM) ini yaitu: ” Edukasi Dan Penerapan Pola Hidup Sehat Pada Anak Dalam Pencegahan  Penyakit Pada Masa Pandemi Covid-19”. 

SD Islam Terpadu Permata Gemilang merupakan tempat sekolah swasta dengan akreditas A  yang terletak di Jl. Kelurahan Rawa Mekar jaya Rt/01 Rw/09 Serpong-Tangerang Selatan. Selain  Sekolah dasar disana juga ada Tk dan SMP. Dikarenakan siswa/i disana mayoritas anak-anak,  untuk itu sangat baik apabila diadakan edukasi atau penyuluhan seputar Kesehatan dan  kebersihan mengingat anak-anak sangat rentan dan perlu di arahkan apalagi masa pandemi COVID-19 yang belum juga usai.

Tekhnik yang dilakukan adalah dengan menyampaikan materi berupa gambar-gambar yang  terbuat dari karton bertujuan agar anak-anak bisa lebih santai , tertarik dan tidak cepat jenuh ketika  penyampaian materi berlangsung. Selain itu di sela-sela penyampaian materi juga di selipkan game  dengan pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya dijelaskan dan disediakan hadiah-hadiah kecil  agar anaka-anak semaikn semangat untuk mengikuti edukasi yang diberikan.

-

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan pengetahuan  kepada anak-anak disekolah bagiaman cara mencuci tangan yang baik, etika batuk dan bersin serta  makanan yang baik untuk di konsumsi. Yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah dapat  menjadi sesuatu yang bermanfaat dan membahagiakan anak-anak ketika mereka lebih mengetahui  betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari penyakit yang nantinya  membuat mereka tidak dapat beraktifitas. 

Kegiatan pengabdian mahasiswa ini di hadiri oleh Bapak Maskuri S.pd selaku kepala sekolah,  dewan guru, serta siswa-siswi kelas 1,2,3,4,5 dengan jumlah 19 orang. Dan Mahasiswa Universitas  pamulang yang terdiri dari Suhaeti selaku Ketua Pelaksana dengan anggota yang terdiri dari Ernih  Rijayanti, Syfa Fauziah, dan Ernah Rijayanti. Dengan dosen pembimbing Ibu Afridayani S.E,  M.M.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

KPP Pratama Pondok Aren Gelar Kegiatan Tax Gathering

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:14 WIB

Diduga Kebocoran Tabung Gas, Sebuah Warteg Terbakar

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:46 WIB
X