• Minggu, 5 Februari 2023

Penegak Hukum Perlu Memahami UU Pers

- Rabu, 10 Maret 2021 | 22:54 WIB

Jakarta, bidiktangsel.com - Di era teknologi digital, telah terjadi konvergensi, sehingga satu alat memiliki banyak fungsi sekaligus. Begitu pula dengan hand phone (HP) atau telepon seluler yang semula hanya untuk bertelepon, kini fungsinya sudah juga menjadi alat kerja, mulai mencatat, merekam sampai mengirim dan menyebarkan berita, bahkan untuk tranafer uang.

Dengan demikian kini HP bagi wartawan telah menjadi alat kerja yang penting.

Oleh sebab itu penahanan atau pengambilan HP miliki wartawan di tempat kerjanya merupakan pelanggaran terhadap kemerdeka-an pers dan UU Pers No 40 Tahun 1999.

Demikian ditegaskan oleh ketua umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Kamis, (11/3) di Jakarta menang-gapi ketentuan yang diberlakukan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hulu yang mewajibkan HP dan peralatan kerja wartawan ditahan di pos keamananan.

Atal mengingatkan, UU Pers dengan jelas sudah memberikan jaminan, dalam menjalankan tugasnya wartawan dilindungi oleh hukum, termasuk tidak boleh dihalang-halangi oleh siapapun. Penahanan HP dan alat kerja wartawan, kata Atal, jelas merupakan tindakan yang menciptakan hambatan dalam pekerjaan wartawan, dan oleh sebab itu dapat dipandang sebagai bagian dari menghalangi tugas wartawan.

Halaman:

Editor: Redaksi

Terkini

KPP Pratama Pondok Aren Gelar Kegiatan Tax Gathering

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:14 WIB

Diduga Kebocoran Tabung Gas, Sebuah Warteg Terbakar

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:46 WIB
X