Bupati Kendal Apresiasi Kegiatan Yang Di Selenggarakan Pada Peringatan Hari Jadi Ke-21 Kecamatan Ngampel

- Senin, 6 Maret 2023 | 11:56 WIB

 

Kendal,Bidiktangsel.com – Berbagai acara telah terselenggara pada Peringatan Hari Jadi ke – 21 Kecamatan Ngampel diantara Jalan Santai, Pentas Seni Barongan dan puncah berupa Wayang Kulit pada Malam hari, Minggu (5/3/2023).

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kendal Sugiono membacakan sambutan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, menyampaikan jika pihaknya mengapresiasi seluruh kegiatan yang terselenggara.

Dengan memperingati Hari Jadi Kecamatan bersama kegiatan seni budaya merupakan salah satu langkah dalam pelestarian budaya. “Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan untuk perlu kita dilestarikan. Untuk itu, kepada bapak-ibu semua, supaya selalu menjaga kelestarian wayang kulit. Sebagai salah satu pilar kebudayaan nasional, pagelaran wayang kulit merupakan salah satu alat untuk komunikasi massa,” ujar Bupati Kendal Dico M. Ganinduto.

Baca Juga : Bupati Dico Hadiri Acara Launching Senam Muslimat Dalam Rangka Harlah Muslimat NU Ke-77

Tidak lupa pada kesempatan itu Atas nama Pemerintah Sekda Kendal Sugiono menyampaikan pesan ucapan selamat Hari Jadi Kecamatan Ngampel. Kemudian pihaknya berpesan,Adapun pertunjukan Kesenian Wayang Kulit menghadirkan dalang Ki Tantut Sutanto dari Kabupaten Klaten, dengan lakon Jamus Kalimosodo. Camat Ngampel Mugiyono menyampaikan jika seluruh kegiatan yang dilakukan dalam menyambut hari jadi ke – 21, bertujuan memberikan hiburan kepada masyarakat Ngampel dengan menonjolkan nilai seni budaya.

“Semoga kegiatan yang kita laksanakan bersama, seperti jalan sehat, bisa menyehatkan masyarakat, kemudian kesenian barongan dan pagelaran wayang kulit, bisa melestarikan budaya dan seni warisan turun-temurun para leluhur kita,” jelas Mugiyono.

Sementara kegiatan puncak wayang turut dijadikan sebagai sarana penyebarluasan hasil-hasil pembangunan pemerintah daerah atau wilayah kepada masyarakat tentang berbagai hal. Sekaligus dijadikan sebagai hiburan masyarakat.

Adapun kegiatan semalam selain puncak hari jadi Kecamatan Ngampel dengan menggelar pertunjukan seni Wayang Kulit, turut meresmikan Warung Pojok UMKM.

Editor: Suyatno

Sumber: Pemkab Kendal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X