Mahasiswa Unpam Sosialisasikan UU ITE ke SMK Excellent 1 Kota Tangerang

- Rabu, 25 Mei 2022 | 18:27 WIB

Kota Tangerang, BidikTangsel.com - Sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Unpam) mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi, Transaksi dan Elektronik (UU ITE) ke siswa SMK Excellent 1 Kota Tangerang, Rabu (25/2/2022).

Kegiatan sosialisasi dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk memenuhi tugas kuliah, bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan media sosial berbasis internet seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, YouTube dan lainnya sejak dini.

Ketua penyelenggara acara, Anton Hia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) di Universitas Pamulang.

"Acara ini adalah peran dan fungsi mahasiswa bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hukum terutama Undang-undang ITE," ungkap Anton di sela-sela acara PKM di Aula SMK Excellent 1 Tangerang.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa memberikan edukasi kepada ratusan siswa-siswi SMK Excellent 1 Tangerang agar bijak menggunakan media sosial. Ditambah, ada sanksi yang termuat dalam UU ITE.

Pelanggaran yang sering terjadi adalah tindak pidana bermuatan pencemaran nama baik atau penghinaan di medsos (media sosial). Jelas diatur dalam Pasal 27 ayat 3 UU ITE

Selain edukasi, mahasiswa juga memberikan penghargaan berupa hadiah untuk para siswa dan guru SMK Excellent 1 yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh panitia kegiatan.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Pemkot Tangerang Miliki Fasilitas Puskeswan

Jumat, 31 Maret 2023 | 12:49 WIB
X