• Selasa, 7 Februari 2023

Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi COVID-19

- Selasa, 17 November 2020 | 02:17 WIB

bidiktangsel.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang terjangkit pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) dengan angka kejadian terkonfirmasi (kasus baru) yang terus bertambahsecara fluktuatif. COVID-19 pertama kali diumumkan olehWorld Health Organization (WHO) pada akhir tahun 2019 sebagai penyakit menular yang disebabkan Virus Corona (Virus SARS-COV 2).

Pandemi COVID-19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional non - alam oleh pemerintah Indonesiamelalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020. Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah korban jiwa, mempengaruhi perekonomian serta luasnya wilayah yang terdampak oleh bencana ini.

Situasi pandemi COVID-19 menyebabkan banyak pembatasan hampir ke semua layanan kesehatan rutin termasuk pelayanan kesehatan maternal dan neonatal. Hal ini menyebab-kan ibu hamil menjadi enggan ke puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya karena takut tertular dan juga karena adanya anjuran menunda pemeriksaan kehamilan dan kelas ibu hamil, serta ketidaksiapan layanan dari segi tenaga medis dan sarana prasarana termasuk Alat Pelindung Diri (APD).

Pedoman bagi ibu hamil menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2020,untuk melakukan pemeriksaan kehamilan pertama kali, terlebih dahulu membuat janji dengan bidan ataupun dokter. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terinfeksi COVID-19, agar ibu hamil tidak lama menunggu antrian pada saat sebelum pemeriksaan kehamilan.

Berikut merupakan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas selama masa Pandemi:

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Kota Bandung hadirkan Taman Edukasi Terakota

Senin, 6 Februari 2023 | 16:29 WIB

Bupati Klaten Cek Pembangunan Taman Kuliner

Senin, 6 Februari 2023 | 16:06 WIB
X