• Senin, 25 September 2023

Ahmed Zaki Iskandar: Mewujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Berkelanjutan

- Jumat, 16 Juni 2023 | 10:02 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat hadir pada acara pembukaan City Sanitation Summit (CSS) ke-21 di Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/23).
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat hadir pada acara pembukaan City Sanitation Summit (CSS) ke-21 di Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/23).

Bandung, bidiktangsel.com - Ketua Umum Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) meminta seluruh daerah berkomitmen dan peduli permasalahan sanitasi di daerah masing-masing.

Hal itu dikatakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga menjabat sebagai Ketua Umum AKKOPSI, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan City Sanitation Summit (CSS) ke-21 di Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/23).

"Saya minta semua daerah komitmen dan concern permasalahan sanitasi di daerah masing-masing. Jadi bukan hanya komitmen di atas kertas saja tapi juga harus ada aksi nyata di lapangan," kata Ahmed Zaki Iskandar.

Baca Juga: Wujudkan Data Yang Andal, Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Probis Statistik

Bupati Zaki mengungkapkan, selain menghadapi tuntutan dasar masyarakat berupa infrastruktur jaringan jalan, PJU, irigasi, dan sekolah, pemerintah daerah juga harus terus berupaya menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024 mendatang.

Saat ini, angkanya masih mencapai sekitar 21,6 persen. Selain itu, mewujudkan akses air minum serta sanitasi aman yang berkelanjutan.

"Saya harap jangan lupakan juga program sanitasi walaupun enggak kelihatan adanya di dalam rumah, di sekolahan kemudian di tempat-tempat yang memang disiapkan untuk sanitasi. Ini bagian dari program penting kita juga dalam mendukung pembangunan di Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan pada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Kebudayaan RI, Satya Sananugraha mengajak semua pihak untuk mewujudkan pembangunan sanitasi yang aman bagi masyarakat pada 2030 melalui kerja gotong royong dan kolaborasi.

Baca Juga: Anggota DPRD Banten Reses, Kabupaten Tangerang Penyumbang PAD di Provinsi Banten Yang Terbesar

"Melalui acara CSS ke 21 2023 di Kabupaten Bandung ini, saya mengajak semua pihak untuk terus mewujudkan pembangunan sanitasi yang aman bagi sebuah masyarakat di 2030 melalui kerja gotong royong dan kolaborasi dari semua pihak," ajak Satya.

Dia mendukung pelaksanaan CSS Ke 21 2023 dan memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang mempunyai dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sanitasi khususnya yang tergabung dalam AKKOPSI untuk mencapai target sanitasi aman pada 2030.

"Saya berharap kegiatan ini berjalan sukses dan memberikan banyak manfaat untuk bertukar pengalaman di bidang sanitasi, memperkuat kemitraan, peningkatan performa, pemahaman konsep kabupaten kota sehat dan implementasinya serta membangun komunikasi koordinasi dan sinergitas antar pemerintah daerah di Indonesia," harapnya. (***)

Editor: Radi Iswan

Sumber: Diskominfo Kab Tangerang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Pesantren Sehat

Minggu, 24 September 2023 | 16:35 WIB

Pemkot Tangerang Gelar Pendampingan KIM 2023

Minggu, 24 September 2023 | 16:13 WIB

Satpol PP Pantau TPS di 16 Desa Jelang Pilkades Serentak

Minggu, 24 September 2023 | 14:03 WIB

Kartu Identitas Anak di Kabupaten Tangerang Baru 42%

Sabtu, 23 September 2023 | 07:36 WIB
X