Perubahan Perilaku Masyarakat, Untuk Mendukung Ekonomi Sirkular Plastik

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Jakarta, bidiktangsel.com – Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) didukung oleh UNEP melalui SEA Sirkular Project menyelenggarakan dialog mengenai ‘Penanggulangan Sampah Laut Melalui Perubahan Perilaku Konsumen untuk Mendukung Ekonomi Sirkular Plastik’.

Perubahan perilaku konsumen merupakan salah satu kunci penting dan menjadi strategi pertama dalam mencapai target pencapaian pengurangan sampah laut tahun 2025. Hal ini disampaikan oleh Bapak Dirhansyah Conbul, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam sambutannya. 

Dialog yang dilakukan secara online ini diikuti oleh 66 peserta yang mewakili pelaku usaha, instansi pemerintah serta berbagai organisasi. Melalui Dialog ini diharapkan dapat diimplementasikan berbagai pengetahuan dan praktik baik dalam upaya menangani permasalahan sampah laut sekaligus mengoptimalkan peluang ekonomi sirkular di sektor plastik dan kemasan.

Dialog ini juga bertujuan untuk mendukung kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, organisasi masyarakat luas dalam mencapai target 70% pengurangan sampah laut pada tahun 2025 sebagaimana diamanatkan oleh Perpres No. 83 Tahun 2018.

Perubahan perilaku masyarakat sangat penting dalam mendukung pengurangan sampah plastik dan sampah lainnya  dimana pengurangan sampah laut baru mencapai 28,5% pada periode 2018-2021. 

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X