Sistem Pengendalian Manajemen di Lingkungan SMA Negeri 6 Kota Depok

- Kamis, 29 Juni 2023 | 20:13 WIB
Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, seluruh siswa berkumpul dilapangan untuk melakukan pembacaan Qur'an dan Ibadah untuk non muslim.
Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, seluruh siswa berkumpul dilapangan untuk melakukan pembacaan Qur'an dan Ibadah untuk non muslim.

Artikel, bidiktangsel.com - SMA Negeri 6 Kota Depok merupakan salah satu sekolah dengan sistem pengendalian manajemennya yang efektif dan inovatif. Seperti penerapan kegiatan tilawah & ibadah(bagi non muslim) pada pagi hari sebelum siswa belajar dan pada setiap Awal Bulan selalu diadakan rapat pembinaan bagi guru dan tenaga kependidikan.

Kegiatan ini dilakukan guna menerapkan Sistem Pengendalian Manajemen di Lingkungan SMA Negeri 6 Kota Depok yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengendalian manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik.
Melalui sistem ini, sekolah memastikan bahwa baik siswa maupun guru dan tenaga kependidikan terlibat aktif dalam pengembangan dan pengelolaan sekolah.

Dengan adanya tilawah, ibadah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada awal belajar dipagi hari menjadi salah satu motivasi dan pembentukan karakter di SMA Negeri 6 Kota Depok. Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, seluruh siswa berkumpul dilapangan untuk melakukan pembacaan Qur'an dan Ibadah untuk non muslim dilakukan diruang Aula.

Baca Juga: PKM Unpam, Ajak Siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tingkatkan Literasi Melalui Membaca Cerpen Bahasa Inggris

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan suasana yang tenang, nyaman dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menenangkan pikiran sebelum memasuki kelas. Tilawah dan ibadah juga mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya menjaga spiritualitas dan menjalankan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga dalam pelaksanaan rapat pembinaan guru dan tenaga kependidikan pada setiap awal bulan adalah bagian penting dari sistem pengendalian manajemen di SMA Negeri 6 Kota Depok. Rapat ini diadakan secara teratur untuk mengevaluasi & membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan pengembangan Karakter, kurikulum, metode pengajaran, dan peningkatan kualitas pendidikan.

Seluruh guru dan tenaga kependidikan dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide-ide inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah.
Melalui rapat ini, SMA Negeri 6 Kota Depok memastikan bahwa setiap guru dan tenaga kependidikan memiliki pemahaman yang sama mengenai visi dan misi sekolah, serta saling mendukung dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: PKM Unpam, Meningkatkan Kreativitas Dalam Penggunaan Barang Bekas Dilingkungan Rumah Sekitar

Penerapan siswa melaksanakan tilawah dan ibadah pada pagi hari dan rapat pembinaan guru dan tenaga kependidikan setiap awal bulan dalam sistem pengendalian manajemen SMA Negeri 6 Kota Depok memiliki banyak manfaat seperti :

Pertama, kegiatan tilawah dan ibadah pada pagi hari membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan harmonis. Dengan pikiran yang tenang, siswa lebih siap untuk menerima pelajaran dan menghadapi tantangan akademik.

Kedua, rapat pembinaan guru dan tenaga kependidikan menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran secara keseluruhan.

Guru dan tenaga kependidikan memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman maupun masalah-masalah yang dihadapi dalam kegiatan mendidik siswa-siswi disekolah dan mengembangkan strategi baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Baca Juga: PKM Unpam, Membantu Pemula UMKM Dalam Peningkatan Laba Operasional Karang Taruna Beji Depok

Dengan mengimplementasikan sistem pengendalian manajemen yang melibatkan tilawah pagi hari serta rapat pembinaan guru dan tenaga kependidikan, SMA Negeri 6 Kota Depok menunjukkan komitmen yang kuat dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Halaman:

Editor: Radi Iswan

Sumber: Mahasiswa Unpam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tangsel Komitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 27 September 2023 | 22:25 WIB

Wanita Ini Bebas dari Dakwaan Kasus Surat Palsu

Jumat, 22 September 2023 | 11:36 WIB

Bedah Rumah Bantu Nursinah Wujudkan Hunian Layak

Kamis, 21 September 2023 | 22:59 WIB

Pemkot Tangsel dan BNN Tes Urine 600 ASN

Selasa, 19 September 2023 | 20:51 WIB

KPK Lelang Aset Karomani, Rektor Unila Terpidana Suap

Senin, 18 September 2023 | 11:32 WIB
X