Polres Lebak Akan Gelar Operasi Cegah Balapan Liar

- Senin, 27 Maret 2023 | 11:37 WIB

 

Lebak, Bidiktangsel.Com- Polres Lebak meningkatkan patroli di sejumlah titik di Wilayah Kabupaten Lebak. Hal tersebut sebagai upaya mencegah aksi balap liar dan mengantisipasi gangguan kriminalitas di wilayah tersebut.


Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, langkah untuk meningkatkan patroli petugas kepolisian dalam skala besar tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan masyarakat terkait balap liar yang dilakukan sekelompok anak muda di bulan Ramadan ini.
"Patroli dilakukan guna menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait maraknya balapan liar dan sebagai antisipasi gangguan kriminalitas. Kami akan meningkatkan patroli skala besar," kata Wiwin, kepada wartawan.


Wiwin menjelaskan, peningkatan patroli ini guna menjaga agar masyarakat bisa tenang menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Langkah tersebut menjadi upaya guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).
Menurut dia, langkah untuk menggelar patroli skala besar itu merupakan tindak lanjut dari keluhan Masyarakat. Karena merasa resah terhadap aksi balap liar yang mengganggu dan membahayakan.


"Ada sejumlah warga yang mengeluhkan banyak remaja kerap melakukan balap liar, mengganggu aktivitas baik dari aspek keselamatan maupun keamanan. Kami tindak lanjuti dengan pelaksanaan patroli skala besar," ujarnya.


Sebelumnya, anggota Polres Lebak telah melakukan patroli skala besar pada sejumlah titik yang ditengarai menjadi tempat aksi balap liar. Puluhan anggota diterjunkan dalam operasi tersebut.
"Sabtu malam, puluhan personel dan beberapa kendaraan dinas dilibatkan dalam patroli skala besar sebagai antisipasi balap liar dan gangguan kriminalitas malam hari," paparnya.


Sejumlah titik yang menjadi sasaran patroli tersebut di antaranya Jalan Hardiwinangun, Multatuli bahkan di perumahan Citra Maja Raya. Ada sejumlah kendaraan yang diduga akan dipakai untuk aksi balap liar pada sejumlah titik tersebut dan mereka beraksi tengah malam saat warga beristirahat.


"Beberapa kendaraan yang diduga akan melakukan kebut-kebutan dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Selain berkeliling melakukan patroli, petugas juga menghampiri pemuda yang bergerombol dan memberikan imbauan," paparnya.


Dalam patroli gabungan tersebut, petugas Polres Lebak tidak melakukan tilang terhadap kendaraan. Namun, bagi sejumlah kendaraan yang dicurigai, dilakukan pemeriksaan dan diminta untuk segera meninggalkan lokasi.


"Kita lakukan persuasif, namun jika ada hal yang perlu ditindak, petugas akan menindaknya," tegas Wiwin.(***).

 

Editor: Suyatno

Tags

Terkini

X