YDBA Perkuat Kolaborasi Kembangkan Petani Bersama PT Bintang Toedjoe

- Kamis, 16 Februari 2023 | 23:10 WIB
UMKM di berbagai sektor, khususnya sektor pertanian di wilayah Lebak,Banten
UMKM di berbagai sektor, khususnya sektor pertanian di wilayah Lebak,Banten

Bidiktangsel.com – Kolaborasi menjadi semangat Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam mengembangkan UMKM di tanah air.

Kolaborasi dilakukan berbagai pihak, baik pemerintah,masyarakat, komunitas, akademisi maupun pengusaha.

Untuk mengembangkan UMKM di berbagai sektor, khususnya sektor pertanian di wilayah Lebak,Banten, pada 1 September 2020 YDBA berkolaborasi bersama PT Bintang Toedjoe yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia membina petani jahe merah di Lebak, Banten.

Dalam kolaborasi tersebut PT Bintang Toedjoe berperan sebagai Ayah Angkat yang turut melakukan pembinaan pembinaan teknis budidaya jahe merah dan membeli produk petani sesuai dengan standar quality, cost dan delivery (QCD) yang ditetapkan ke PT Bintang Toedjoe.

Sedangkan YDBA sendiri memastikan petani tersebut menghasilkan produk yang sesuai dengan QCD dan melakukan pembinaan secara manajerial dan memonitoring kegiatan petani secara rutin.

Setelah 2 tahun berjalan, kolaborasi tersebut telah berhasil membina 41 petani dan memasok lebih dari 48,5 ton jahe merah yang memenuhi QCD ke PT Bintang Toedjoe.

Untuk terus mengembangkan sektor pertanian di wilayah tersebut, YDBA dan PT Bintang Toedjoe berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi yang telah terjalin melalui penandatanganankerjasama yang dilakukan pada 15 Februari 2023 di Kantor Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA di Lebak, Banten.

Hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala; Sekretaris Pengurus YDBA, Ida R.M. Sigalingging; Presiden Direktur PT Bintang Toedjo, Fanny Kurniati; Chairwoman Yayasan Khouw Kalbe, Bernadette Ruth Irawati Setiady; Head of Business Unit BINA PT Bintang Toedjoe, Sari Pramadiyanti; Koordinator LPB YDBA di Lebak, Dani Kurnia dan perwailan petani binaan YDBA.

Dalam kegiatan tersebut, Sigit P. Kumala berharap kolaborasi ini dapat terus memberikan manfaat kepada para petani di Lebak, Banten, baik dari kompetensi maupun peningkatan ekonomi petani.

Sigit juga berharap, kolaborasi ini dapat mendukung kemajuan petani di Indonesia.Sedangkan, Fanny Kurniati dalam kegiatan ini berharap kolaborasi yang telah dijalankan sejak 2020 ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak luas bagi masyarakat di Lebak, Banten.

Fanny juga berharap, kolaborasi tahun ini dapat menghasilkan jahe merah lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Bersamaan dengan kegiatan penandatanganan kerjasama YDBA dan PT Bintang Toedjoe, dilakukan juga penanaman perdana jahe merah di Desa Cikarang, Kecamatan Muncang, Lebak, Banten yangnantinya akan dipasok kembali ke PT Bintang Toedjoe. (***)

Editor: Radi Iswan

Sumber: Humas YDBA

Tags

Terkini

X