Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Dalam Uji Coba Ke Laut Lepas

- Minggu, 19 Februari 2023 | 12:14 WIB
Peluncuran mirip dengan uji terbang rudal balistik antarbenua Hwasong-17 Korea Utara
Peluncuran mirip dengan uji terbang rudal balistik antarbenua Hwasong-17 Korea Utara

Bidiktangsel.com — Korea Utara menembakkan rudal jarak jauh dari ibu kotanya ke laut lepas Jepang, menurut tetangganya, sehari setelah negara itu mengancam akan mengambil tindakan tegas terhadap Korea Selatan dan AS atas kerja sama latihan militer.

Menurut militer Korea Selatan dan Jepang, rudal ditembakkan pada sudut tinggi, tampaknya untuk menghindari mencapai wilayah tetangga, dan menempuh jarak sekitar 900 kilometer (560 mil) pada ketinggian maksimum 5.700 kilometer (3.500 mil) selama satu jam.

Peluncuran mirip dengan uji terbang rudal balistik antarbenua Hwasong-17 Korea Utara pada bulan November, yang menurut para ahli menunjukkan potensi untuk mencapai daratan AS jika ditembakkan pada lintasan normal.

Juru bicara pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan dari rudal tersebut, yang mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang, sekitar 200 kilometer (125 mil) barat pulau Oshima.

Oshima terletak di lepas pantai barat pulau utama paling utara Hokkaido.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan Tokyo berkomunikasi erat dengan Washington dan Seoul mengenai peluncuran tersebut, yang disebutnya sebagai "tindakan kekerasan yang meningkatkan provokasi terhadap tatanan internasional."

Sementara, Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada hari Jumat mengancam dengan tindakan keras "belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap para pesaingnya, setelah Korea Selatan mengumumkan serangkaian latihan militer dengan Amerika Serikat yang bertujuan untuk mempertajam tanggapan mereka terhadap ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Peluncuran itu adalah yang pertama dilakukan Korea Utara sejak 1 Januari, ketika negara itu melakukan uji tembak senjata jarak pendek.

Itu mengikuti parade militer besar-besaran di Pyongyang minggu lalu, di mana pasukan meluncurkan lebih dari selusin ICBM saat pemimpin Kim Jong Un menyaksikan dengan gembira dari balkon.

Jumlah rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya menggarisbawahi kelanjutan perluasan kemampuan militer negaranya meskipun sumber daya terbatas sementara negosiasi dengan Washington tetap menemui jalan buntu.

Rudal-rudal itu termasuk sistem baru yang menurut para ahli mungkin terkait dengan keinginan Korea Utara untuk memperoleh ICBM berbahan bakar padat. (***)

Editor: Radi Iswan

Sumber: South Korea (CNN)

Tags

Terkini

Pengurus DPW IKM Provinsi Banten Dikukuhkan

Minggu, 19 Maret 2023 | 21:48 WIB

Pemkot Surabaya Terima Kunjungan Kerja UNICEF

Minggu, 19 Maret 2023 | 11:54 WIB
X