Guna Menekan Pemicu Kebakaran Tempat Usaha Harus Memiliki Apar

- Selasa, 14 Februari 2023 | 12:09 WIB
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

 

 

Malang,BIDIKTANGSEL.COM - Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Malang, Muhammad Teguh Budi Wibowo saat ditemui, Senin (13/02/2023). Untuk mencegah atau menekan terjadinya pemicu kebakaran, dikatakannya setiap tempat usaha harus memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan selalu waspada, terutama pemicu kebakaran yang dapat dipicu konsleting listrik.

 

Selain APAR, kata Teguh, alangkah lebih baiknya juga ada pasir dan bahan untuk memadamkan api ringan, seperti halnya karung goni. “Untuk di pemukiman warga cukup ada pasir dan karung goni karena APAR mungkin masih mahal harganya. Yang terpenting adalah kewaspadaan,” sambungnya.

 

Selain itu pemilik usaha maupun masyarakat pada umumnya juga harus mematuhi aturan pemasangan listrik yang disarankan PLN. Misalnya, menggunakan atau memasang listrik sesuai kebutuhan, menggunakan kabel yang standar, pemasangan kabel harus benar dan selalu memeriksa instalasi.

 

“Beberapa hal itu juga yang kami sampaikan dan sosialisasikan selama ini kepada para pemilik usaha maupun masyarakat, sehingga pemicu kebakaran dapat ditekan seminim mungkin. Di Kota Malang, dalam satu bulan setidaknya terjadi tiga hingga lima kali kebakaran yang rata-rata dipicu konsleting listrik,” jelas Teguh.

 

Lebih jauh dia mengatakan, bahwa saat terjadi kebakaran pihaknya selalu berkoordinasi dengan petugas lain dari Kabupaten Malang, Kota Batu dan para relawan, sehingga petugas segera bisa memadamkan api dengan waktu singkat.

 

“Salah satu pekerjaan rumah ke depannya, yaitu menambah keberadaan hidran di tempat umum dan padat permukiman agar saat terjadi kebakaran segera bisa diatasi. Kami akan berkoordinasi dengan Perumda Tugu Tirta dalam hal ini,” pungkas Teguh.

Editor: Suyatno

Sumber: Pemkot Malang

Tags

Terkini

Dugaan Bocornya Informasi Sistem Pileg

Senin, 29 Mei 2023 | 09:55 WIB

Musda Muhammadiyah Tampilkan Budaya Khas Depok

Minggu, 28 Mei 2023 | 20:53 WIB
X