• Sabtu, 23 September 2023

KKM Divisi Penyutradaraan KFT Indonesia Diskusi Dua Materi Film

- Senin, 19 Juni 2023 | 11:58 WIB
Peserta diskusi Anggota Divisi penyutradaraan KFT.
Peserta diskusi Anggota Divisi penyutradaraan KFT.

Jakarta, bidiktangsel.com - Kine Klub Mini (KKM) dari Divisi Penyutradaraan KFT Episode 1 (satu) telah dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Juni 2023, jam 14.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB.

Ketua panitia pelaksana KKM Ronny Mepet melaporkan, semula waktu yang ditentukan pada forum diskusi KKM pada episode pertama pelaksanaannya hanya 1 jam ( 14.00 wib s/d 15.00 wib).

"Namun karena animo dari para peserta diskusi Anggota Divisi penyutradaraan terus bergulir dan semakin menarik oleh Narasumber Karsono Hadi dalam pembahasannya dan waktu yg ditentukan 1 jam dirasa tidak mencukupi, maka moderator Bedjo Soelaktono dan Didien Rochidin memperpanjang waktu 1 jam diskusi KKM, sehingga mencapai 2 jam pelaksanaan," jelas Ronny Mepet yang didampingi Effi Zen selaku Penyelaras pada kepanitiaan KKM.

Maruli Ara, Ketua Devisi Sutradara KFT sekaligus sebagai penanggungjawab acara menyampaikan, Materi Film kali ini pada episode ke 2 (dua) Kine Klub Mini ( KKM) akan menyajikan, dua materi film sebagai bahan diskusi yaitu film, 1 - The GodFather I (1972) - Baptism Scene, Michael Kills all the heads of the other families. Durasi 5, 47 menit. 2 - Iklan Film pantene You Can Shine (PANTENE AD) Durasi 4.03 menit.

Baca Juga: Kembali Menggeliat Film Nasional Indonesia, Hasil Rakornas ke-I Terbentuk Tim Ad Hoc KFT

"Kegiatan ini bertujuan mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota Divisi Penyutradaraan dan secara berkala menjalankan program kerja, selaras dengan program kerja di dalam membangun SDM," ungkap Maruli Ara di bilangan Komplek Senayan Jakarta, Minggu, (18/6/2023).

Maruli Ara juga mengatakan, kegiatan KKM Episode 2 ini akan dilaksanakan pada, Hari Jumat, 23 Juni 2023, Jam 14.00 - 16.00.WIB (selama dua jam).

Adapun Episode ke 2 berjudul  Eisenstein di masa kini, yang bertemakan,Teori film dari Eisenstei (Intelektual montage).

Menurut Maruli Ara, kegiatan diskusi film antar tokoh penting Divisi Sutradara KFT Indonesia, memanglah tidak bisa dipungkiri, bahwa belakangan ini, popularitas diskusi KKM dikalangan masyarakat insan film sedang sangat meningkat.

"Ini suatu realita terutama dikalangan sutradara muda yang mulai berpikir kritis dan senang mencari berbagai macam informasi tekhnis pekerja film," ujarnya.

Baca Juga: Kine Klub Mini Diskusi Film Pendek Dalam Membangun SDM Insan Film

Melalui acara yang akan dipandu Bedjo Soelaktono dan Didien Rochidin kali ini mengundang narasumber penting Arturo GP untuk melihat penayangan film, kemudian diajak berdiskusi dengan peserta yang sedang hangat diperbincangkan oleh kreator sutradara film perihal Teori film dari Eisenstei (Intelektual montage).

Adapun Biografi ringkas Nara sumber /Pengulas Arturo GP atau biasa akrab disebut (Kang Atung) adalah seorang Editor film, sutradara film dokumenter dan sinetron. Ia menjadi anggota teater Gelanggang Remaja Jakarta Timur saat di STM dan mendirikan Teater Trotoar pada 1985, tiga kali terpilih sebagai sutradara terbaik pada Festival Teater Jakarta tahun 1986, 1988, dan 1989 untuk wilayah Jakarta Timur.

Pertama kali menjadi editor pada film Cintaku di Rumah Susun - Nyak Abas Acub (1987) dan mendapat nominasi pada Asia-Pacific Film Festival 1988. Ia pun mendapat Piala Citra untuk kategori Penyunting Gambar Terbaik pada FFI 1991 lewat film Cinta dalam Sepotong Roti (1990) dan nominasi pada FFI 1992 lewat film Babad Tanah Leluhur II (1991).

Baca Juga: BPID Buat Film Pendek Yang Berisi Keberhasilan Pemkot Surabaya Tangani Stunting

Kang Atung juga menyutradarai serial Sahabat Pilihan (1993-1994) dan ikut menggarap Anak Seribu Pulau (1996). Dan menyutradarai beberapa film dokumenter lainnya dan iklan .

Pendidikan terakhirnya sebagai Magister Seni Urban di Sekolah Pasca Sarjan IKJ. Dia mengajar di Fakultas Film dan Televisi IKJ sejak 1993 dan bertugas sebagai anggota Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (2015-2024).

Tim Kerja Kine Kkub Mini :
1 - Penanggung Jawab : MARULI ARA (Ketua Divisi Sutradara KFT). 2 - Ketua Pelaksana : RONNY MEPET. 3 - Sekretaris : MAYA AZEEZAH.  4 - Grafis : CHELSEA. 5 - Penyelaras : EFFI ZEN. 5 - Humas/media : EDWARD AN. 6 - Moderator : BEDJO SULAKTONO & DIDIEN ROCHIDIN. 7 - Pembantu Umum : DIDIEN R. (***/EDWARD. AN.)

Editor: Radi Iswan

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X