• Minggu, 5 Februari 2023

Asinan daun mamam Kuliner langka khas Pasar lama Tangerang

- Selasa, 2 November 2021 | 22:40 WIB

Tangerang, bidiktangsel.com - Pasar Lama Tangerang suatu lokasi pasar yang terdapat di daerah Tangerang, tak jauh dari stasiun KRL. Di pasar tersebut jika pagi sampai siang hari terdapat pedagang sayur, ikan laut segar, kue-kue, bunga segar. Di tempat itu juga terdapat Museum Benteng Heritage yang berisi koleksi budaya dan sejarah Peranakan Tionghoa. Di lokasi Pasar Lama jika sore hari sepanjang jalan digelar aneka jajanan, kuliner street food.

Semua hal terkait Pasar Lama Tangerang sangat menarik untuk ditulis. Namun ada satu jenis makanan yang tergolong langka yaitu asinan daun mamam yang dapat dijumpai sebagai olahan sayur yang telah difermentasi mirip sayur asin. Dibuat dari tumbuhan perdu, dijual perbungkus plastik ukuran satu kg dengan isi tak penuh seharga sepuluh ribu rupiah.

Mungkin sebagian dari kita agak bingung dengan jenis asinan tersebut. Karena selama ini yang kita tahu asinan sayur bumbu kacang ataupun asinan buah, demikian ujar Bu Win warga Kotabumi Tangerang.

"Saya dan keluarga jika kadang berkunjung ke Pasar Lama Tangerang, pasti membeli asinan mamam untuk dimakan sebagai pendamping nasi. Tanpa diolah hanya ditambah irisan cabe rawit dan emping goreng," ujarnya.

Salah satu keluarga dari Grogol Jakarta Barat mereka sangat menyukai asinan mamam dicampur sambel terasi dan udang rebus. Rasanya mantap asem-asem segar. Apalagi jika disantap di siang hari. Udang rebus dapat diganti tahu kuning atau putih sesuai selera. Itu salah satu resep keluarga kami demikian ujar Haryanti.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

KPP Pratama Pondok Aren Gelar Kegiatan Tax Gathering

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:14 WIB

Diduga Kebocoran Tabung Gas, Sebuah Warteg Terbakar

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:46 WIB
X